Pages

PERMASALAHAN YANG TIMBUL AKIBAT KEPADATAN PENDUDUK

Selama ini negara kita sering sekali mengalami permasalahan. Permasalahan yang sering kali di hadapi oleh negara kita diantaranya adalah permasalahan kependudukan dan masalah kebudayaan. Sebenarnya masalah yang sedang dihadapi oleh negara kita tidak hanya masalah kependudukan dan kebudayaannya saja, masih banyak masalah lain yang sedang negara kita hadapi. Disini saya akan menjelaskan sedikit permasalahan yang sedang di hadapi oleh negara kita yaitu masalah kependudukan.
Selama ini, masalah kependudukan di negara kita bisa di katakan sangat memprihatinkan, dan masih belum mendapatkan perhatian dari para pemerintah ataupun tokoh masyarakat lainnya. Sebenarnya, masalah kependudukan ini sudah bisa diatasi dengan baik apabila sejak dulu sudah ada upaya yang sungguh dari pihak pemerintah. Ternyata masalah kependudukan dapat menimbulkan berbagai macam masalah sosial.
Contoh dari permasalah kependudukan yang sering dihadapi oleh negara kita antara lain:
1. Kepadatan penduduk
2. Gizi buruk
3. Persaingan lapangan pekerjaan
4. Meningkatnya jumlah kemiskinan
5. Persaingan untuk mendapatkan pemukiman
6. Rendahnya kesempatan pendidikan
7. Angka kelahiran kasar (CBR)
8. Transmigrasi
9. Usia perkawinan utama
10. Status perkawinan
11. Angka kelahiran total (FTR)
12. Ratio ibi atau anak
13. Rata-rata anak yang lahir dan hidup
Disini saya akan menjelaskan tentang maksud dai contoh-contoh permasalahan kependudukan diatas:
1. Kepadatan penduduk
Kepadatan penduduk biasanya sering terjadi karena banyaknya masyarakat yg bertransmigrasi ke jakarta!
2. Gizi buruk
Gizi buruk ini biasa terjadi karena masyarakat yg tidak memiliki pengetahuan yg cukup tentang seberapa pentingnya menjaga kesehatan. Biasanya disebabkan kurangnya pasokan gizi pada saat ibu sedang mengandung ataupun padda saat anak mulai tumbuh!
3. Persaingan lapangan pekerjaan
Persaingan lapangan pekerjaan ini di sebabkan oleh pertumbuhan penduduk di negara kita yg sangat tinggi dan rupanya pertumbuhan penduduk inni tidak sebanding dengan jumlah lapangan pekerjaan yang disediakan oleh pemerintah selama ini!
4. Meningkatnya jumlah kemiskinan
Meningkatnya jumlah kemiskinan ini biasanya di sebabkan oleh kurang berkembangnya kreatifitas dari masyarakat untuk membuka lapangan pekerjaan sendiri.
5. Persaingan untuk mendapatkan pemukiman
Persaingan untuk mendapat permukiman yang layak ini biasa terjadi didaerah perkotaan yg padat, dan permasalahan seperti ini biasa terjadi karena perumahan yang tidak memadai sehingga terliahan menjadi kumuh.
6. Rendahnya kesempatan pendidikan
Karena di negara kita tingkat kelahirannya sangat tinggi, tentu semakin banyak fasilitas dan kinerja guru yang diperlukan, sebagai hasilnya tidak setiap anak memiliki kesempatan untuk bersekolah dan mendapatkan pendidikan yang layak dan memadai.
7. Angka kelahiran kasar
Berdasarkan perkiraan yang dihitung Biro Pusat Statistik (BPS), menunjukkan bahwa Angka Kelahiran Kasar di Indonesia telah menurun dari 33,7 per 1000 penduduk pada periode 1980-1985 menjadi 28,7 per 1000 penduduk dan 25,3 per 1000 penduduk pada periode 1985-1990 dan 1990-1995.
8. Transmigrasi
Transmigrasi merupakan suatu perpindahan penduduk dari desa ke kota dengan tujuan untuk mencari pekerjaan ataupun untuk merubah nasip mereka.
Ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh pemerintah ataupun masyarakat lain untuk sedikit mengurangi masalah kependudukan yang ada di negara kita, contohnya seperti:
1. Mengadakan program KB
2. Menekan tingginya tingkat transmigrasi dengan cara mengembalikan kembali para transmigran ke kota asal mereka
3. Pemecahan secara otoritatif
4. Pemecahan secara ilmiah
5. Pemecahan secara metafisik

2 komentar:

Echa Always Forever mengatakan...

Terimakasih atas penjelasannya sehingga saya bisa mengerjakan tugas dengan baik.

♥ Erika Dwiyana Fransiska ♥ mengatakan...

Makasih buat infonya..

Poskan Komentar