Pages


SUATU PRASANGKA ITU DAPAT MENIMBULKAN SUATU DISKRIMINASI
Prasangka, prasangka itu dapat diartikan sebagai perilaku terhadap orang lain yang semata – mata karena orang itu dianggap anggota kelompok tertentu, prasangka itu dapat dibagi menjadi dua bagian, diantaranya adalah prasangka positif, dan prasangka negative. Contoh dari prasangka positif seperti apabila kita mempunyai prasangka terhadap orang - orang yang sedang mengikuti pesantren kilat, dan sekelompok orang menilai bahwa orang yang mengikuti pesantren kilat itu merupakan orang – orang yang baik – baik, dan selalu berinan. Sedangkan contoh dari prasangka negative, biasanya prasangka negative itu berisi tentang prasangka kita terhadap orang lain yang belum tentu benar, dan biasanya prasangka negative ini ujung – ujungnya pasti akan menimbulkan suatu fitnah, contohnya, pada saat melihat ada sepasang kekasih yang sedang berpacaran, pasti kita selalu berfikir bahwa mereka pasti akan melakukan suatu tindakan yang kurang baik, padahalkan belum tentu juga mereka melakukan yang kita prasangkakan, dan pasti akan berujung dengan adanya suatu fitnah, dan akan timbul suatu perselisihan.
            Prasangka itu biasanya diawali dari rasa ketidak sukaan kita kepada orang lain, entah itu dari sikap, dan perilaku orang itu yang kita anggap kurang baik buat kita, tetapi bagi orang itu merasa bahwa sikap dan perilaku dia itu sudah baik, dan biasa saja, prasangka itu biasa timbul dari beberapa perbedaan, seperti perbedaan keyakinan, perbedaan kepercayaan, dan perbedaan agama, sebenarnya banyak sekali perbedaan yang akan menimbulkan suatu prasangka, ataupun ketidak cocokan, sebenarnya prasangka ini sering sekali terjadi di negara kita, awalnya pada saat ada sekelompok masyarakat, yang menemukan kepercayaan lain, biasanya kepercayaan itu di dapatkan dari sebuah mimpi, ataupun ada seseorang yang menemukan barang – barang yang mereka anggap seperti suatu keberuntungan (yang bisa memiliki barang tersebut), dan mereka menjadikan hal tersebut sebagai kepercayaan mereka, yang dapat mereka anut, dan dapat membawa suatu keberuntungan bagi yang memilikinya, dan bahkan mereka dapat melakukan dan menjanjikan berbagai macam hal agar kita dapat mengikuti dan menganut agama mereka. Padahalkan belum tentu agama yang mereka anut itu mengikuti ajaran – ajaran para nabi dan rasul, serta perintah – perintah dari allah, dan banyak lagi kasus – kasus yang disebabkan akibat adanya perbedaan agama.
            Biasanya dari sikap prasangka itu akan timbul diskriminasi, diskriminasi itu merupakan suatu sikap yang melakukan suatu tindakan untuk menyelesaikan suatu masalah, contohnya, kasus yang terjadi di daerah bekasi akibat banyaknya pembangunan gereja, ada anggota masyarakat yang kurang begitu setuju dengan adanya pembangunan gereja tersebut, dsn akhirnya anggota kelompok masyarakat tersebut akhirnya mengambil keputusan sendiri dengan cara membakar gereja tersebut, padahalkan dengan cara seperti itu belum tentu dapat menyelesaikan masalah, dan lagi juga selama mereka tidak mengganggu kita dan tidak menghasut kita untuk masuk kedalam agama dan keyakinannya tersebut. Jadi intinya tidak usah terlalu dipermasalahkan, karena didalam UUD 1945 juga dijelaskan bahwa setiap warga negara itu berhak untuk memeluk agamanya masing – masing sesuai dengan kepercayaan yang mereka anut. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah adanya rasa prasangka dan deskriminasi dalam masyarakat, seperti adanya sikap untuk saling terbuka, dan sikap yang lapang, maksudnya dari sikap saling terbuka ini adalah dengan cara menyampaikan rasa ketidak sukaan kita kepada apapun, dan kepada siapapun dengan cara baik – baik. Ia walaupun nanti pada akhirnya akan timbul rasa kesal, dan marah. Kalau sikap lapang dada itu dapat diartikan sebagai sikap untuk menerima apa adanya semua keputusan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah ataupun yang lainnya dan tidak boleh melakukan suatu tindakan yang dapat merugikan diri sendiri ataupun orang lain. Faktor lingkungan itu cukup berkaitan dengan munculnya suatu prasangka.

0 komentar:

Posting Komentar